Jumat, 17 Oktober 2008

Kesehatan Part-7

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke adalah penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (Jauch, 2005). Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang si penderita mengalami kelumpuhan pada anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Untuk menggarisbawahi betapa seriusnya stroke ini, beberapa tahun belakangan ini telah semakin populer istilah serangan otak. Istilah ini berpadanan dengan istilah yang sudah dikenal luas, "serangan jantung". stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli. emboli bisa berupa kolesterol atau mungkin udara

[sunting] Jenis Stroke

Stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik maupun stroke hemorragik. Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena aterosklerosis (penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah) atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah ke otak. Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami stroke jenis ini.

Pada stroke hemorragik, pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya. Hampir 70 persen kasus stroke hemorrhagik terjadi pada penderita hipertensi.

Pada stroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis interna dan dua arteri vertebralis. Arteri-arteri ini merupakan cabang dari lengkung aorta jantung.

Suatu ateroma (endapan lemak) bisa terbentuk di dalam pembuluh darah arteri karotis sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah. Keadaan ini sangat serius karena setiap pembuluh darah arteri karotis dalam keadaan normal memberikan darah ke sebagian besar otak. Endapan lemak juga bisa terlepas dari dinding arteri dan mengalir di dalam darah, kemudian menyumbat arteri yang lebih kecil.

Pembuluh darah arteri karotis dan arteri vertebralis beserta percabangannya bisa juga tersumbat karena adanya bekuan darah yang berasal dari tempat lain, misalnya dari jantung atau satu katupnya. Stroke semacam ini disebut emboli serebral (emboli = sumbatan, serebral = pembuluh darah otak) yang paling sering terjadi pada penderita yang baru menjalani pembedahan jantung dan penderita kelainan katup jantung atau gangguan irama jantung (terutama fibrilasi atrium).

Emboli lemak jarang menyebabkan stroke. Emboli lemak terbentuk jika lemak dari sumsum tulang yang pecah dilepaskan ke dalam aliran darah dan akhirnya bergabung di dalam sebuah arteri.

Stroke juga bisa terjadi bila suatu peradangan atau infeksi menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke otak. Obat-obatan (misalnya kokain dan amfetamin) juga bisa mempersempit pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke.

Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak, yang biasanya menyebabkan seseorang pingsan. Stroke bisa terjadi jika tekanan darah rendahnya sangat berat dan menahun. Hal ini terjadi jika seseorang mengalami kehilangan darah yang banyak karena cedera atau pembedahan, serangan jantung atau irama jantung yang abnormal.




Tofu dan Oatmeal Turunkan Kolesterol

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, kini sudah waktunya meminta penasehat medis Anda mulai menulis daftar belanjaan untuk membantu menurunkan kolesterol, seperti yang disarankan oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan diet ketat bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah seefektif pil penurun kolestreol. Meskipun tentu saja melakukan diet ketat bukan hal yang mudah bagi beberapa orang.

"Mereka yang ingin menurunkan kadar kolestreol mereka harus mencoba mulai memasukkan tofu dan oatmeal dalam menu sehari-hari," ujar David Jenkins, salah satu tim peneliti dari Universitas Toronto.

Penelitian yang diterbitkan bulan ini dalam American Journal of Clinical Nutrition, disponsori oleh salah satu perusahaan produk kacang Almond.

Peneliti yang dilakukan Jenkins dan Dr. Cyril Kendall dari Universitas Toronto ini menganalisa sekitar 55 individu baik pria maupun wanita yang memiliki kadar kolestreol tinggi dan beresiko menderita serangan jantung.

Sebelumnya para partisipan telah mejalani diet jantung, dan mereka diminta menambah beberapa makanan khusus seperti kacang almond mentah, tofu, produk kedelai, serat kental dan lengket seperti oatmel, okra, barley, terong dan makanan kaya lemak tumbuhan.

Setelah setahun, kelompok yang menjalani diet sesuai prosedur mengalami penurunan kolesterol yang cukup berarti, sekitar 29 persen. Rata-rata prosentase tersebut dibandingkan dengan hasil dari partisipan lainnya yang mengkonsumsi jenis obat penurun kolesterol selama sebulan sebelum memulai diet, dan juga pada penelitian umum untuk pasien yang rutin mengkonsumsi obat tertentu.

"Semakin disiplin Anda menjalani diet, semakin baik hasil yang Anda dapatkan," ujar Kendall, yang menambahkan bahwa kelompok yang tidak menjalani diet dengan disiplin masih mengalami penurunan kolesterol sekitar 10 sampai 20 persen.

Produk kedelai, kacang dan diet kaya serat yang dipromosikan Almond Board of California, ini juga membantu penelitian yang tengah dilakukan pihak Unilever. Dalam hal ini Unilever mengambil penelitian tentang 'Take Control Margarine', yaitu margarin untuk menurunkan kolesterol, yang saat ini masih tersedia di USA, Eropa dan Australia.

Diet yang terdiri dari produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak dalam porsi kecil, daging ayam tanpa kulit serta selalu mengganti produk hewani dengan produk dari kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol.

Level penurunan semakin dratis jika para pelaku diet menambahkan makanan yang kaya serat seperti gandum, bekatul, barley, okra, terong, kacang almond mentah, dan kacang-kacangan.

Dr. Alice H. Lichtenstein, profesor kesehatan dan gizi masyarakat dari Tufts University, Boston, mengatakan secara teori keilmuan mungkin studi tersebut sangat tepat, namun sangat sulit ditetapkan dalam masyarakat.

"Penelitian tersebut sudah tepat dan akurat, karena mereka memulainya dengan kelompok individu yang sebelumnya telah terbiasa melakukan diet vegetarian dan rendah lemak. Namun saya rasa untuk populasi yang lebih umum, kita harus lebih realistis, karena tak semua orang bisa menjalani diet ketat ini," tambah Lichtenstein.

Menanggapi komentar Lichtenstein, Jenkins berujar bahwa dunia nyata adalah sebuah 'ruang yang relatif bertolak belakang', terutama saat diminta mulai membiasakan memkonsumsi makanan sehat.




Bijak Mengelola Kolesterol

Kolesterol selalu berkonotasi negatif, padahal lemak yang mirip lilin ini digunakan oleh tubuh untuk membuat berbagai hormon dan membangun dinding-dinding sel. Itu jika jumlahnya masih terkontrol.

Kolesterol dapat menimbulkan masalah bila kadar dalam darah meninggi, sehingga dapat menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Timbunan kolesterol ini juga bisa menghambat aliran darah karena tertimbun di dalam saluran pipa, sehingga aliran darah tidak lancar.

Timbunan di dalam pembuluh darah cukup berbahaya terutama jika mempersempit aliran darah yang menuju jantung dan otak. Agar kadar kolesterol tetap rendah, ada dua syarat yang harus dipenuhi. Olahraga dan diet seimbang. Jauhi gorenganPenyebab utama tingginya kadar kolesterol adalah diet tinggi lemak. Agar diet Anda termasuk ke dalam kategori sehat, Anda perlu membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh.

Misalnya saja, gorengan, daging dan keju jenis tertentu.Diet rendah lemak juga dapat membantu Anda mengurangi kelebihan bobot tubuh, hingga jantung pun akan bekerja lebih efisen lagi.Jadi, apa menu yang disarankan?
Masukkan sayuran ke pola makan Anda sehari-hari, jangan lupa sertakan buah-buahan dan padi-padian (serelia).

Semuanya ini dapat membuat Anda cukup kenyang. Dengan demikian, Anda telah berhasil membatasi jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh. Sudah cukup banyak gizi yang masuk ke dalam tubuh.Sebagian orang berpikir bahwa membatasi asupan lemak berarti mereka berucap selamat tinggal kepada makanan-makanan lezat. Tentu saja tidak! Anda hanya perlu memodifikasi kebiasaan memasak.

Jika Anda mengonsumsi dagng misalnya, ada beberapa cara memasak untuk mengurangi lemak, yang justru dapat membuat masakan semakin nikmat, yaitu:

· Kurangi banyaknya lemak di dalam satu resep masakan. Contohnya, kurangi daging dalam saus spagheti. Untuk mengurangi lemak, masak daging humberger, kemudian saring minyaknya dengan menggunakan air panas, sebelum Anda menambahkan ke dalam saus. Dengan cara ini dapat mengurangi lemak, meski tidak semuanya.

· Sajikan porsi yang lebih kecil, dengan memperbanyak sayuran, padi-padian dan buah. Daripada makan steak porsi besar, coba kurangi hingga hanya seukuran kartu, plus sayuran rebus, dan kentang panggang.

· Pilih daging tanpa lemak. Istilah 'round' dan 'lion' pada daftar menu berarti rendah lemak. Hilangkan lemak yang tampak pada sekeliling daging.

· Jaga kelembaban daging dengan cara menyiram atau memercikkan sedikit anggur atau jus buah.

· Tunggu tetasan lemak sampai mengeras, sebelum Anda membuat kaldu dengannya.
Kemudian potong lemak tersebut.

Coba lakukan tips-tips di atas saat memasak makanan favorit Anda, dan coba rasakan kenikmatannya. Kini Anda tidak hanya dapat merasakan kelezatannya, tetapi juga bisa meraup manfaat sehat, dengan catatan bila Anda mengurangi kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.Meng-olahraga-kan jantung dan tubuhOlahraga teratur dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein) atau yang popular sebagai kolesterol 'baik' yang dapat membantu membersihkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri.

Untuk merasakan manfaat olahraga, sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan olahraga yang bersifat aerobik selama 30 menit yang Anda lakukan 3-4 kali dalam seminggu. Awali dengan melakukam jalan kaki teratur. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu bila Anda ingin mencipta program olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan.Memang cukup sulit serta merta mengganti gaya hidup yang sudah sekian lama Anda jalani, namun Anda bisa memulainya dengan bertahap.

Langkah besar selalu dimulai dari langkah yang kecil. Kapan lagi mulai peduli pada kesehatan jantung Anda?




Gagal jantung adalah pemberhentian sirkulasi normal darah dikarenakan kegagalan dari ventrikel jantung untuk berkontraksi secara efektif pada saat systole. Akibat kekurangan penyediaan darah, menyebabkan kematian sel dari kekurangan oksigen. Cerebral hypoxia, atau kekurangan penyediaan oksigen ke otak, menyebabkan korban kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas dengan tiba-tiba.

Gagal jantung adalah gawat medis yang bila dibiarkan tak terawat akan menyebabkan kematian dalam beberapa menit. Perawatan pertama utama untuk gagal jantung adalah cardiopulmonary resuscitation.

[sunting] Etiology

Penyakit arteri koroner (Coronary artery disease, CAD) adalah proses penyakit kebanyakan yang dihubungkan dengan kematian jantung mendadak di Amerika Serikat. Kejadian CAd dalam individu yang menderita kematian jantung mendadak adalah antara 64 dan 9



Hati-hati, Kolaborasi Gula, Kacang & Cokelat

Bukan hanya armada taksi ibukota atau bangunan-bangunan tua yang kerap diremajakan. Tubuh kita pun selalu mengalami proses peremajaan.

Molekul-molekul dan sel-sel lama senantiasa diganti dengan yang baru, melalui mekanisme keseimbangan yang saling bergantung dan saling mengisi dengan sempurna.

Jika tubuh dalam keadaan sehat walafiat, itu artinya kita sedang memiliki keseimbangan yang sempurna. Saat itu tubuh tidak perlu lagi diganggu dan diotak-atik dengan keinginan tambah sehat, karena niat itu justru bisa merusak keseimbangan yang sudah ada. Celakanya, banyak orang tak sadar akan pentingnya menjaga keseimbangan ini.

Makan banyak, misalnya, masih dianggap sebagai aktivitas yang pasti menyehatkan. Padahal, makan - jika hanya berpatokan asal banyak - berpotensi melahirkan molekul yang tidak dapat didaur ulang. Molekul-molekul itu akan menjadi mirip sampah yang harus dibuang keluar dan tubuh. Jika proses peremajaan dan pembuangan ini terganggu, akan terjadi penimbunan “sampah” di dalam tubuh. Bisa ditebak, ujung-ujungnya mengarah pada penyakit.

Asam urat merupakan sampah yang terutama berasal dari daging, ikan, bayam, teh, kopi, dan cokelat. Penimbunan asam urat menyebabkan terjadinya kristal asam urat di jaringan sekitar sendi, sehingga menimbulkan rasa pegal, ngilu sampai nyeri di sendi-sendi dan sekitarnya. Penimbunan asam urat terjadi karena banyaknya makanan yang mengandung sampah, sementara kemampuan ginjal mengeluarkan asam urat berkurang setelah mencapai usia paruh baya.

Fruktosa (gula dari tumbuhan) juga dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui ginjal. Gula tebu mengandung glukosa dan fruktosa dengan perbandingan sama. Gula jagung sebagian besar juga terdiri atas fruktosa. Dahulu, terutama di negara maju, gula jagung dikira rendah kalorinya, sehingga dianggap dapat menjaga kelangsingan tubuh. Sekarang terbukti, fruktosa tak hanya menghambat pengeluaran asam urat, tapi juga penyebab obesitas, resistensi insulin, dan penyebab penyakit jantung koroner.

Oksalat adalah sampah berikutnya, hasil metabolisme makanan yang 40 - 50% di antaranya berasal dari kacang dan cokelat. Meskipun kadar oksalat dalam darah sangat tinggi, kemampuan tubuh membuang oksalat melalui ginjal (urine) sangat terbatas. Jadi, jika kita banyak makan kacang atau cokelat, sampah oksalat tidak dapat dibuang semuanya, sehingga sisanya menumpuk dan menjadi kristal kalsium oksalat.

Selain kacang dan cokelat, asam urat juga dapat memicu terjadinya kristal kalsium oksalat. Kristal-kristal itu bisa mengendap di tulang, tulang rawan, pembuluh darah, jaringan sendi-sendi, dan ginjal. Kehadiran kristal kalsium oksalat di tempat-tempat itu bakal menimbulkan rasa pegal, ngilu, dan nyeri, sama seperti dampak yang ditimbulkan asam urat.

Keberadaan kristal asam urat dan oksalat dalam cairan sendi dapat dibedakan dengan kristalografi. Sedangkan batu ginjal asam urat hanya dapat terjadi kalau ada faktor keturunan. Namun, 20% penderita batu ginjal kalsium oksalat ditemukan mempunyai kadar asam urat yang tinggi dalam urinenya.

Begitulah, kolaborasi gula, kacang, dan cokelat memang cukup sempurna untuk membuat tubuh kita menderita sakit sendi, jantung, ginjal, dan batu ginjal. Makin banyak dimakan, makin banyak pula sampah yang ditinggalkan oleh gula, kacang, dan cokelat. Lama-kelamaan sampah itu akan menumpuk.

Di sisi lain, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan dan kemampuan membuang sampah ikut merosot, terutama karena menurunnya kinerja jantung, hati, dan ginjal. Makanya, mulai sekarang niatkan untuk “tetap sehat”, bukannya “lebih sehat”, apalagi jika caranya dengan mengonsumsi macam-macam makanan secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Label

Pernak Pernik

  • Lukisan Hati
  • Lain lain

Mobil Kesayanganku

Mobil Kesayanganku
Mitsubishi Galant V6 2.0 24Valve

Mengenai Saya

Foto saya
Ds Kaum Ds Subah Kab Batang, Jawa Tengah, Indonesia
Meski besar di desa tapi hati ini bahagia, subah bagaikan magnit permanen yang senantiasa menarikku kuat untuk selalu pulang dan menikmati keindahan desa-ku yang penuh kenangan indah baik suka maupun duka. Pada ortu yg telah membesarkan aku, aku sangat hormat dan taat pd nasehat mu, aku sangat mencintaimu bapak dan ibu. Salam hormat dan sungkem untukmu selalu, mudah-mudahan amalan perbuatanmu diterima disisih Allah SWT, Amiiin