Jumat, 17 Oktober 2008

Kesehatan Part-4

Konsumsi makanan juga mempengaruhi tekanan darah seseorang, terutama bagi penderita hipertensi. Karena itu bagi penderita hipertensi perlu menjaga asupan makanan yang bisa menaikkan tekanan darahnya.

Menurut dr Probosuseno, SpPD, naiknya tekanan darah atau tensi pada penderita hipertensi salah satunya dipengaruhi oleh besarnya asupan garam sehari-hari. Karena itu bagi penderita hipertensi harus membatasi konsumsi garam yaitu dua gram per hari, karena dapat menurunkan tekanan diastolik sekitar 5 mmHg bagi orang yang sensitif garam.

Penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi cukup kalium (K) 80-100 MEq per hari, karena dapat menurunkan tahanan jalan darah seluruh tubuh, sehingga tensi dapat turun. Sumber kalium misalnya: pisang.

Asupan cukup magnesium (Mg) dan kalsium (Na) juga dapat memperbaiki tensi, jelas Probo. Dan, berhenti merokok dapat menurunkan vasokonstriksi (penguncupan pembuluh darah, red), sehingga jalan darah dapat lebih lebar. Selain itu, kata Ahli Gizi dari Klinik Gizi RS Dr Sardjito, Ibnu Dwi Saptono, penderita hipertensi sebaiknya tidak makan telur dan ikan asin.

Batasi juga makanan yang yang mengandung daging sapi dan kambing, soda-soda kue, serta monosodium glutamat (MSG alias vetsin, red). Kalau mengonsumsi daging ayam jangan bagian kulitnya, batasi penggunaan lemak dan kurangi minyak. Bila mengonsumsi gula yang rendah kalori dan konsumsi gula pasir.

Selanjutnya Ibnu mengatakan ada kecenderungan bila penderita hipertensi mengalami obesitas (kegemukan) yang sudah lama, mengalami gangguan fungsi yang lain seperti jantung, diabetes mellitus. Karena itu bila ia kegemukan harus menurunkan berat badannya, tetapi perlahan dan tidak ditarget, serta tidak dianjurkan untuk menurunkan berat badan terlalu drastis.

Agar tekanan darah tetap normal, perbanyak konsumsi serat serta minum air putih yang cukup. Serat menjaga berat badan dan kolesterol darah. Jenis serat ada yang larut dan tidak larut dalam air. Serat larut berfungsi membuang lemak, kalori, kolesterol yag berlebihan, serta mejaga keseimbangan bakteri baik dan jahat. Serat tidak larut berfungsi mempercepat waktu transit makanan dari usus ke pembuangan dan membuang zat-zat penyebab kanker (karsinogenik).

Tidak ada komentar:

Label

Pernak Pernik

  • Lukisan Hati
  • Lain lain

Mobil Kesayanganku

Mobil Kesayanganku
Mitsubishi Galant V6 2.0 24Valve

Mengenai Saya

Foto saya
Ds Kaum Ds Subah Kab Batang, Jawa Tengah, Indonesia
Meski besar di desa tapi hati ini bahagia, subah bagaikan magnit permanen yang senantiasa menarikku kuat untuk selalu pulang dan menikmati keindahan desa-ku yang penuh kenangan indah baik suka maupun duka. Pada ortu yg telah membesarkan aku, aku sangat hormat dan taat pd nasehat mu, aku sangat mencintaimu bapak dan ibu. Salam hormat dan sungkem untukmu selalu, mudah-mudahan amalan perbuatanmu diterima disisih Allah SWT, Amiiin