Jumat, 17 Oktober 2008

Kesehatan Part-5

Kadar Kolesterol dapat Meningkat dengan Diet Rendah Karbohidrat

Berbagai data menyimpulkan bahwa diet rendah lemak dan rendah kolesterol tampaknya efektif menurunkan berat badan pada satu tahun pertama, ...

... namun selanjutnya diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan keseluruhan dari kadar kolesterol terutama LDL atau kadar kolesterol jahat, dilaporkan dalam suatu penelitian 13 Februari 2006 dalam barita Internal Medicine, Jurnal JAMA.

Meningkatnya kadar kegemukan, banyak pada remaja Amerika akibat diet, saat ini sekitar 45% wanita dan 30% laki-laki mencoba untuk menurunkan berat badan. Dengan penurunkan berat badan, mereka dapat menekan risiko terjadinya diabetes tipe 2, mengontrol hipertensi dan menekan terjadinya penyakit kardiovaskuler hingga menyebabkan kematian. Diet rendah karbohidrat dan tinggi protein saat ini sedang populer dilakukan untuk menurunkan kelebihan lemak, dan menekan kalori yang masuk. Namun diet yang mengandung sejumlah besar protein dan lemak akan mempengaruhi peningkatan kadar kolesterol dan sistem kardiovaskuler.

Alain J. Nordmann, M.D., M.Sc dari Universitas Hospital Basel, Switzerland dan timnya menganalisa lima uji klinik yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu membandingkan diet rendah lemak hingga diet rendah karbohidrat. Total partisipan yang diteliti adalah 447 individu yang rata-rata berusia 42 hingga 49 tahun. Sebanyak 222 partisipan melakukan diet rendah karbohidrat, dan 225 melakukan diet rendah lemak.

Setelah 6 bulan, mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak bila dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet rendah lemak. Namun setelah 12 bulan, peningkatan tekanan darah dan penurunan berat badan antara keduanya adalah sama. Dan setelah 6 hingga 12 bulan kemudian, mereka yang melakukan diet karbohidrat mengalami peningkatan kadar kolesterol dan LDL. Meski demikian mereka tetap memiliki kadar trigliserida yang lebih rendah dan HDL atau kolesterol baik yang lebih tinggi.

Dari hasil analisa tersebut diketahui bahwa diet rendah karbohirdat justru akan meningkatkan kadar kolesterol, terutama bila diet dilakukan dalam jangka waktu lebih lebih dari 6 bulan atau lebih lama.

Tidak ada komentar:

Label

Pernak Pernik

  • Lukisan Hati
  • Lain lain

Mobil Kesayanganku

Mobil Kesayanganku
Mitsubishi Galant V6 2.0 24Valve

Mengenai Saya

Foto saya
Ds Kaum Ds Subah Kab Batang, Jawa Tengah, Indonesia
Meski besar di desa tapi hati ini bahagia, subah bagaikan magnit permanen yang senantiasa menarikku kuat untuk selalu pulang dan menikmati keindahan desa-ku yang penuh kenangan indah baik suka maupun duka. Pada ortu yg telah membesarkan aku, aku sangat hormat dan taat pd nasehat mu, aku sangat mencintaimu bapak dan ibu. Salam hormat dan sungkem untukmu selalu, mudah-mudahan amalan perbuatanmu diterima disisih Allah SWT, Amiiin