Senin, 27 Oktober 2008

Karakteristik Perkembangan Anak TK

Karakteristik Perkembangan Anak TK

May 25, 2008 · No Comments

Karakteristik Perkembangan Anak TK

Perkembangan diartikan sebagai perubahan yang kontinu dan sistematis dalam diri seseorang sejak tahap konsepsi sampai meninggal dunia. Perkembangan berkaitan dengan kematangan secara biologis dan proses belajar. Demikian pula dalam perkembangan anak, secara biologis Ia harus berada dalam kondisi sesuai umurnya. Terdapat pola kesamaan perkembangan dalam diri seseorang dengan anak lainnya pada tahap usia tertentu. Pola khas yang terjadi dalam setiap tahap umur disebut dengan normative development and ideographic development. Tahap ini kemudian dikenal sebagai standar normative development yang diasumsikan sebagai pola universal tugas perkembangan yang harus dilalui seorang anak. Perkembangan normatif atau developmental task/ milestone menjadi ciri karekteristik anak secara umum yang dapat dijadikan acuan dalam memahami dan menetapkan bentuk pendidikan yang sesuai dalam setiap tahap usia. Pengetahuan guru dan orang tua tentang tugas perkembangan anak ini dapat diperoleh dari pengalaman langsung maupun pencarian berbagai informasi. Pemahaman mengenai tugas perkembangan anak sangat diperlukan agar guru dan orang tua dapat memberikan bantuan, dan rangsangan yang tepat.Secara garis besar karakteristik anak TK adalah sebagai berikut :Anak usia Taman Kanak-kanak dalam rentangan usia 4-5 atau 6 tahun berada dalam masa usia emas (golden age) segala sesuatunya sangat berharga, baik fisik, emosi, intelektualnya. Dan anak usia Taman Kanak-kanak ini sangat besar energinya sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang sangat tepat sehingga berkembang kemampuan motorik kasar maupun halus.

Kegiatan fisik adalah merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, seperti belari, melompat,bergantungan, melempar bola atau menendangnya. Maupun serta menjaga keseimbangan motorik halus seperti menggunakan jari-jari untuk menyusun puzzle, memilih balok, dan menyusunnya menjadi bangunan tertentu. Kegiatan fisik dan pelepasan energi dalam jumlah besar merupakan karakteristik aktivitas anak pada masa ini. Hal itu disebabkan oleh energi yang dimiliki anak dalam jumlah yang besar tersebut memerlukan penyaluran melalui berbagai aktivitas fisik, baik kegiatan fisik yang berkaitan dengan motorik kasar maupun gerakan motorik halus.

Kata kunci: karakteristik perkembangan anak TK, gerak motorik kasar, gerak motorik halus

Studi Komparsi Pelaksanaan Kurikulum Pra Sekolah di TK Harapan Bunda Penggaron dan TK Raudlotul Atfal di Palebon Semarang

Undergraduate Theses from JTPTIAIN / 2007-08-22 09:50:48
Oleh : Fatchur Rohman (3100008), Fak,Tarbiyah IAIN Walisongo
Dibuat : 2007-01-29, dengan 7 file

Keyword : Pendidikan,KUrikulum,
Url : http://

Sekolah di TK Harapan Bunda Penggaron dan di TK Raudlotul Atfal Palebon Semarang ". Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah , Jurusan PAI IAIN Walisongo, 2007.

PENELITIAN INI BERUSAHA UNTUK MENGGALI 1). BAGAIMANA KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 2). BAGAIMANA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 3). FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTUL ATFAL PALEBON SEMARANG?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan kualitatif. Di mana hasil penelitian akan dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan analisis nonstatistik (analisis deskriptif), karena data yang diwujudkan dalam skripsi ini berbentuk laporan atau uraian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: Observasi partisipan, yaitu peneliti ikut ambil bagian secara langsung dalam situasi yang diteliti. Metode ini digunakan untuk mengetahui kondisi dan situasi objek, sehingga memperoleh data yang valid. Selanjutnya menggunakan interview metode ini digunakan untuk meminta keterangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Dan metode Observasi yaitu untuk memperoleh data tentang letak geografis dll. Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data diwujudkan bukan dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bentuk pembelajaran pada lembaga pendidikan pra-sekolah terutama pada TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal, dilakukan dengan berpedoman pada suatu program kegiatan yang telah disusun sehingga seluruh pembahasan dan kemampuan dasar yang ada pada anak dapat dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Pendekatan pembelajaran pada anak TK memperhatikan beberapa prinsip, yakni Pertama, pembelajaran harus berorentasi pada perkembangan anak.
Kedua, Berorentasi pada kebutuhan anak Kegiatan pembelajaran pada anak senantiasa berorentasi kepada kebutuhan anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis (intelektual, bahasa, motorik dan sosio emosional). Ketiga, Bermain sambil belajar. Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada anak usia TK. Upaya-upaya pendidikan yang diberikan oleh pendidik dilakukan dalam situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik serta mudah dikuti oleh anak. Keempat, Menggunakan pendekatan tematik. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan tematik dan beranjak dari tema yang menarik minat anak.Kelima, Kreatif dan Inovatif. Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat dilakukan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingintahu anak. Memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal baru. Keenam, merancang suasana lingkungan kondusif. Lingkungan pembelajaran diciptakan sedemikian menarik dan menyenangkan sehingga anak selalu betah dalam lingkungan sekolah baik di dalam maupun diluar ruangan. Lingkungan fisik memperhatikan keamanan dan kenyaman anak dalam bermain. Selain itu pendidik harus peka terhadap karakteristik budaya masing-masing anak.
PELAKSANAAN KURIKULUM DI TK HARAPAN BUNDA DAN TK RAUDLATUL ATHFAL PADA DASARNYA DISESUAIKAN DENGAN KARAKTERISTIK SISWA TERSEBUT. DIANTARANYA MENGGUNAKAN; METODE BERCERITA, DENGAN TUJUAN MELATIH DAYA TANGKAP ANAK, MELATIH DAYA PIKIR, MELATIH DAYA KONSENTRASI, MEMBANTU PERKEMBANGAN IMAJINASI DAN MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN DAN AKRAB DI DALAM KELAS.
METODE BERCAKAP-CAKAP MERUPAKAN SUATU CARA PENYAMPAIAN BAHAN MELALUI BERCAKAP-CAKAP DALAM BENTUK TANYA JAWAB ANTARA ANAK DENGAN GURU, ATAU ANAK DENGAN ANAK METODE TANYA JAWAB, DILAKSANAKAN DENGAN MEMBERIKAN PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG MERANGSANG ANAK UNTUK AKTIF BERPIKIR. METODE PEMBERIAN TUGAS, PEMBERIAN TUGAS MENGGAMBAR, MENYANYI, MENGUCAPKAN SYAIR DAN PRAKTIK LANGSUNG. PEMBERIAN TUGAS DILAKSANAKAN SECARA BERTAHAP DAN BERULANG-ULANG.
Keberhasilan maupun kegagalan sebuah program, umumnya dipengaruhi oleh factor intern dan ekstern. Kedua faktor tersebut dapat menjadi tolok ukur kemampuan para pelaku pendidikan, begitu pula dengan TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal ini. Faktor internya adalah karena kurikulum yang diterapkan di TK Raudlotul Atfal ini lebih didominasi oleh pembelajaran dengan mata pelajaran keislaman. Sehingga para peserta didik meskipun berusia balita tetapi mereka sudah mampu menghafal bacaan-bacaan yang berhubungan dengan ibadah. Faktor ekternnya yaitu karena adanya pelaksanan pendidikan di luar kelas seperti di Perpustakaan.

Deskripsi Alternatif :

Sekolah di TK Harapan Bunda Penggaron dan di TK Raudlotul Atfal Palebon Semarang ". Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah , Jurusan PAI IAIN Walisongo, 2007.

PENELITIAN INI BERUSAHA UNTUK MENGGALI 1). BAGAIMANA KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 2). BAGAIMANA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTU ATFAL PALEBON SEMARANG? 3). FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK HARAPAN BUNDA PENGGARON DAN DI TK RAUDLOTUL ATFAL PALEBON SEMARANG?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan kualitatif. Di mana hasil penelitian akan dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan analisis nonstatistik (analisis deskriptif), karena data yang diwujudkan dalam skripsi ini berbentuk laporan atau uraian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: Observasi partisipan, yaitu peneliti ikut ambil bagian secara langsung dalam situasi yang diteliti. Metode ini digunakan untuk mengetahui kondisi dan situasi objek, sehingga memperoleh data yang valid. Selanjutnya menggunakan interview metode ini digunakan untuk meminta keterangan yang berkaitan dengan objek penelitian. Dan metode Observasi yaitu untuk memperoleh data tentang letak geografis dll. Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data diwujudkan bukan dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bentuk pembelajaran pada lembaga pendidikan pra-sekolah terutama pada TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal, dilakukan dengan berpedoman pada suatu program kegiatan yang telah disusun sehingga seluruh pembahasan dan kemampuan dasar yang ada pada anak dapat dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Pendekatan pembelajaran pada anak TK memperhatikan beberapa prinsip, yakni Pertama, pembelajaran harus berorentasi pada perkembangan anak.
Kedua, Berorentasi pada kebutuhan anak Kegiatan pembelajaran pada anak senantiasa berorentasi kepada kebutuhan anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis (intelektual, bahasa, motorik dan sosio emosional). Ketiga, Bermain sambil belajar. Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada anak usia TK. Upaya-upaya pendidikan yang diberikan oleh pendidik dilakukan dalam situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik serta mudah dikuti oleh anak. Keempat, Menggunakan pendekatan tematik. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan tematik dan beranjak dari tema yang menarik minat anak.Kelima, Kreatif dan Inovatif. Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat dilakukan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingintahu anak. Memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal baru. Keenam, merancang suasana lingkungan kondusif. Lingkungan pembelajaran diciptakan sedemikian menarik dan menyenangkan sehingga anak selalu betah dalam lingkungan sekolah baik di dalam maupun diluar ruangan. Lingkungan fisik memperhatikan keamanan dan kenyaman anak dalam bermain. Selain itu pendidik harus peka terhadap karakteristik budaya masing-masing anak.
PELAKSANAAN KURIKULUM DI TK HARAPAN BUNDA DAN TK RAUDLATUL ATHFAL PADA DASARNYA DISESUAIKAN DENGAN KARAKTERISTIK SISWA TERSEBUT. DIANTARANYA MENGGUNAKAN; METODE BERCERITA, DENGAN TUJUAN MELATIH DAYA TANGKAP ANAK, MELATIH DAYA PIKIR, MELATIH DAYA KONSENTRASI, MEMBANTU PERKEMBANGAN IMAJINASI DAN MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN DAN AKRAB DI DALAM KELAS.
METODE BERCAKAP-CAKAP MERUPAKAN SUATU CARA PENYAMPAIAN BAHAN MELALUI BERCAKAP-CAKAP DALAM BENTUK TANYA JAWAB ANTARA ANAK DENGAN GURU, ATAU ANAK DENGAN ANAK METODE TANYA JAWAB, DILAKSANAKAN DENGAN MEMBERIKAN PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG MERANGSANG ANAK UNTUK AKTIF BERPIKIR. METODE PEMBERIAN TUGAS, PEMBERIAN TUGAS MENGGAMBAR, MENYANYI, MENGUCAPKAN SYAIR DAN PRAKTIK LANGSUNG. PEMBERIAN TUGAS DILAKSANAKAN SECARA BERTAHAP DAN BERULANG-ULANG.
Keberhasilan maupun kegagalan sebuah program, umumnya dipengaruhi oleh factor intern dan ekstern. Kedua faktor tersebut dapat menjadi tolok ukur kemampuan para pelaku pendidikan, begitu pula dengan TK Harapan Bunda dan TK Raudlatul Athfal ini. Faktor internya adalah karena kurikulum yang diterapkan di TK Raudlotul Atfal ini lebih didominasi oleh pembelajaran dengan mata pelajaran keislaman. Sehingga para peserta didik meskipun berusia balita tetapi mereka sudah mampu menghafal bacaan-bacaan yang berhubungan dengan ibadah. Faktor ekternnya yaitu karena adanya pelaksanan pendidikan di luar kelas seperti di Perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Label

Pernak Pernik

  • Lukisan Hati
  • Lain lain

Mobil Kesayanganku

Mobil Kesayanganku
Mitsubishi Galant V6 2.0 24Valve

Mengenai Saya

Foto saya
Ds Kaum Ds Subah Kab Batang, Jawa Tengah, Indonesia
Meski besar di desa tapi hati ini bahagia, subah bagaikan magnit permanen yang senantiasa menarikku kuat untuk selalu pulang dan menikmati keindahan desa-ku yang penuh kenangan indah baik suka maupun duka. Pada ortu yg telah membesarkan aku, aku sangat hormat dan taat pd nasehat mu, aku sangat mencintaimu bapak dan ibu. Salam hormat dan sungkem untukmu selalu, mudah-mudahan amalan perbuatanmu diterima disisih Allah SWT, Amiiin